Entri yang Diunggulkan

Informasi Umum Beban Kerja Dosen (BKD)

Target Kompetensi Guru

 O2 TARGET KOMPETENSI

A.   Target Kompetensi Guru

Target kompetensi guru didasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Dalam Unit Pembelajaran ini, target kompetensi yang dituangkan hanya yang terkait kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional.

Dapatkan Buku PENGEMBANGAN PROFESI GURU Nama Penulis : Aco Nasir. S.Pd.I., M.Pd  


1.   Target Kompetensi Guru

Table 2 Target Kompetensi Guru

Ranah Kompetensi

 

Target Kompetensi Guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kompetensi Pedagogis

1.1                  Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.

1.2                 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.

1.3                  Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu

1.4                  Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik

1.5                  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.

1.6                  Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.

1.7                  Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.

1.8                  Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

1.9                  Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.

1.10             Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan

kualitas pembelajaran.

Kompetensi Profesional

2.1 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang


 

 

diampu

2.2  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.

2.3  Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.

2.4  Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.

2.5  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi

untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri

 

 


2.      Indikator Pencapaian Kompetensi Guru

Table 3 Indikator Pencapaian Kompetensi Guru

Target Kompetensi

Indikator Pencapaian Kompetensi Guru

Ceklist

1.1 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan

intelektual.

1.1 Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosialbudaya.

 

 

1.2 Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.

 

 

1.3 Mengidentifikasi bekal-ajar awal

peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.

 

1.4 Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu

 

1.2 Menguasai teori belajar dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik

2.1 Menerapkan berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu.

 

2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara

 


 

kreatif dalam mata pelajaran yang

diampu.

 

1.3 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang

diampu.

3.1 Menerapkan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.

 

 

3.2 Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu.

 

 

3.3 Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu.

 

3.4 Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.

 

3.5 Menata materi pembelajaran secara

benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik.

 

 

3.6 Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian

 

1.4 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.

4.1 Menerapkan prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik.

 

 

4.2 Mengembangkan komponen- komponen rancangan pembelajaran.

 

 

4.3 Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun

lapangan.

 

4.4 Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.

 

 

4.5      Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta

 


 

didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran

secara utuh.

 

 

4.6 Mengambil keputusan transaksional dalam pembelajaran yang diampu sesuai

dengan situasi yang berkembang.

 

1.5 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan

pembelajaran.

5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu.

1.6 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang

dimiliki.

6.1 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal.

 

 

6.2 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya.

 

1.7 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta

didik.

7.1 Menerapkan berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan, dan/atau

bentuk lain.

 

 

7.2 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari:

a)   penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan melalui bujukan dan contoh,

b)   ajakan kepada peserta didik untuk ambil bagian,

 


 

 

c)   respons peserta didik terhadap ajakan guru, dan

d)     reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya.

e)   reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya.

 

1.8           Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

8.1 Menerapkan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu.

 

 

8.2 Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan

karakteristik mata pelajaran yang diampu.

 

8.3 Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

 

 

8.4 Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

 

8.5 Mengolah penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan mengunakan berbagai instrumen.

 

 

8.6 Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan.

 

 

8.7 Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar.

 

1.9      Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan

pembelajaran.

9.1 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar.

 

 

9.2 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.

 

 

9.3 Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan.

 


 

 

 

 

9.4 Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas

pembelajaran.

 

1.10 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

10.1 Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

 

 

10.2 Melakukan perbaikan dan pengembangan pembelajaran berdasarkan hasil refleksi dalam mata

pelajaran yang diampu.

 

 

10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang

diampu.

 

1.20 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata

pelajaran yang diampu.

20.1 Menentukan fungsi sosial teks yang terkait ungkapan saran dan tawaran

 

20.2 Menentukan struktur organisasi dari teks yang terkait ungkapan saran dan tawaran

 

20.3. menentukan language features dari teks yang terkait ungkapan saran dan tawaran

 

20.4. menentukan kata yang tepat terkait ungkapan saran dan tawaran

 

20.5 menyimpulkan isi teks ungkapan saran dan tawaran

 

20.6. Menyusun kalimat acak

 

20.7. Menyusun teks percakapan pendek terkait ungkapan saran dan tawaran

1.21 Menguasai standar kompetensi dan

21.1 Menganalisis standar kompetensi mata pelajaran yang diampu.

 


 

 

kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang

diampu.

 

 

 

21.2 Menganalisis kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.

 

 

21.3 Menganalisi tujuan pembelajaran yang diampu.

 

1.22 Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara

kreatif.

22.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

 

 

22.2 Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

22.3 Menganalisis tujuan pembelajaran yang diampu

1.23 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.

23.1 Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus.

 

 

23.2 Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.

 

 

23.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.

 

 

23.4 Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber.

 

1.24 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan

mengembangkan diri.

24.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.

 

 

24.2 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri.

 




Dapatkan Selengkapnya Disini

DAFTAR KONTEN 

Workshop Pelatihan: 006




Komentar