- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Entri yang Diunggulkan
Diposting oleh
ACO NASIR
pada tanggal
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
O2 TARGET KOMPETENSI
A. Target Kompetensi Guru
Target kompetensi guru didasarkan pada Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Republik
Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar
Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Dalam Unit Pembelajaran ini, target kompetensi yang dituangkan hanya yang terkait kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional.
Dapatkan Buku PENGEMBANGAN PROFESI GURU Nama Penulis : Aco Nasir. S.Pd.I., M.Pd
1. Target Kompetensi Guru
Table 2 Target
Kompetensi Guru
Ranah Kompetensi |
Target Kompetensi Guru |
Kompetensi Pedagogis |
1.1
Menguasai karakteristik peserta
didik dari aspek fisik, moral,
sosial, kultural, emosional, dan intelektual. 1.2
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. 1.3
Mengembangkan kurikulum yang
terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu 1.4
Menyelenggarakan
pembelajaran yang mendidik 1.5
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. 1.6
Memfasilitasi
pengembangan potensi peserta didik untuk
mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. 1.7
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan
peserta didik. 1.8
Menyelenggarakan penilaian dan
evaluasi proses dan hasil
belajar. 1.9
Memanfaatkan hasil penilaian dan
evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. 1.10
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. |
Kompetensi Profesional |
2.1 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
yang mendukung mata
pelajaran yang |
|
diampu 2.2 Menguasai standar
kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 2.3 Mengembangkan materi
pembelajaran yang diampu
secara kreatif. 2.4 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. 2.5 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri |
2. Indikator
Pencapaian Kompetensi Guru
Table 3 Indikator Pencapaian Kompetensi Guru
Target Kompetensi |
Indikator Pencapaian Kompetensi Guru |
Ceklist |
1.1
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial,
kultural, emosional, dan intelektual. |
1.1 Mengidentifikasi karakteristik peserta didik
yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual,
sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar
belakang sosialbudaya. |
|
|
1.2 Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata
pelajaran yang diampu. |
|
|
1.3 Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata
pelajaran yang diampu. |
√ |
|
1.4 Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik
dalam mata pelajaran yang diampu |
|
1.2 Menguasai teori belajar dan prinsip- prinsip pembelajaran yang
mendidik |
2.1 Menerapkan berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata
pelajaran yang diampu. |
√ |
|
2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara |
|
|
kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. |
|
1.3 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. |
3.1 Menerapkan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. |
|
|
3.2 Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu. |
|
|
3.3 Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk
mencapai tujuan pembelajaran yang
diampu. |
√ |
|
3.4 Memilih materi pembelajaran yang diampu
yang terkait dengan
pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. |
√ |
|
3.5 Menata materi pembelajaran secara benar sesuai
dengan pendekatan yang
dipilih dan karakteristik peserta didik. |
|
|
3.6 Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian |
|
1.4 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. |
4.1 Menerapkan prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik. |
|
|
4.2 Mengembangkan
komponen- komponen rancangan pembelajaran. |
|
|
4.3 Menyusun rancangan pembelajaran yang
lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas,
laboratorium, maupun lapangan. |
√ |
|
4.4 Melaksanakan
pembelajaran yang mendidik di
kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar
keamanan yang dipersyaratkan. |
|
|
4.5 Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar
yang relevan dengan
karakteristik peserta |
|
|
didik dan mata pelajaran yang diampu untuk
mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. |
|
|
4.6
Mengambil keputusan transaksional dalam pembelajaran yang
diampu sesuai dengan situasi yang berkembang. |
|
1.5
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
untuk kepentingan pembelajaran. |
5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. |
√ |
1.6
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. |
6.1
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk
mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal. |
|
|
6.2 Menyediakan
berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya. |
|
1.7 Berkomunikasi secara
efektif, empatik, dan santun dengan
peserta didik. |
7.1
Menerapkan berbagai strategi berkomunikasi yang
efektif, empatik, dan
santun, secara lisan,
tulisan, dan/atau bentuk lain. |
|
|
7.2
Berkomunikasi secara efektif, empatik,
dan santun dengan peserta didik
dengan bahasa yang khas dalam interaksi
kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara
siklikal dari: a)
penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan melalui bujukan dan contoh, b) ajakan kepada
peserta didik untuk
ambil bagian, |
|
|
c)
respons peserta didik terhadap ajakan guru, dan d)
reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya. e) reaksi guru
terhadap respons peserta
didik, dan seterusnya. |
|
1.8 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. |
8.1 Menerapkan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar sesuai
dengan karakteristik mata pelajaran yang
diampu. |
|
|
8.2 Menentukan aspek-aspek proses dan
hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai
dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. |
√ |
|
8.3 Menentukan prosedur penilaian dan
evaluasi proses dan
hasil belajar. |
|
|
8.4 Mengembangkan instrumen penilaian dan
evaluasi proses dan
hasil belajar. |
√ |
|
8.5 Mengolah
penilaian proses dan hasil belajar
secara berkesinambungan dengan
mengunakan berbagai instrumen. |
|
|
8.6 Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan. |
|
|
8.7 Melakukan evaluasi
proses dan hasil
belajar. |
|
1.9 Memanfaatkan hasil
penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. |
9.1
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk
menentukan ketuntasan belajar. |
|
|
9.2 Menggunakan
informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. |
|
|
9.3 Mengkomunikasikan hasil
penilaian dan evaluasi
kepada pemangku kepentingan. |
|
|
9.4
Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan
evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. |
|
1.10 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. |
10.1
Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilaksanakan. |
|
|
10.2
Melakukan perbaikan dan pengembangan
pembelajaran berdasarkan hasil refleksi dalam mata pelajaran yang diampu. |
|
|
10.3 Melakukan
penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran dalam mata
pelajaran yang diampu. |
|
1.20 Menguasai materi,
struktur, konsep, dan pola pikir
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |
20.1 Menentukan fungsi
sosial teks yang
terkait ungkapan saran
dan tawaran |
√ |
|
20.2 Menentukan struktur organisasi dari
teks yang terkait ungkapan saran dan
tawaran |
√ |
|
20.3. menentukan language features dari teks yang terkait ungkapan saran dan tawaran |
√ |
|
20.4. menentukan kata yang tepat
terkait ungkapan saran
dan tawaran |
√ |
|
20.5 menyimpulkan isi teks ungkapan saran dan tawaran |
√ |
|
20.6. Menyusun kalimat acak |
√ |
|
20.7. Menyusun teks percakapan pendek
terkait ungkapan saran
dan tawaran |
√ |
1.21 Menguasai standar kompetensi dan |
21.1 Menganalisis standar
kompetensi mata pelajaran yang diampu. |
|
kompetensi dasar
mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. |
|
|
|
21.2 Menganalisis kompetensi dasar mata pelajaran
yang diampu. |
|
|
21.3 Menganalisi tujuan
pembelajaran yang diampu. |
|
1.22 Mengembangkan materi
pembelajaran yang diampu
secara kreatif. |
22.1 Memilih materi pembelajaran yang
diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. |
|
|
22.2 Mengolah materi pelajaran yang
diampu secara kreatif sesuai dengan
tingkat perkembangan peserta
didik. |
√ |
22.3 Menganalisis tujuan pembelajaran yang diampu |
√ |
|
1.23 Mengembangkan keprofesionalan
secara berkelanjutan
dengan melakukan tindakan reflektif. |
23.1 Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara
terus menerus. |
|
|
23.2 Memanfaatkan hasil
refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan. |
|
|
23.3 Melakukan penelitian tindakan kelas
untuk peningkatan keprofesionalan. |
|
|
23.4 Mengikuti kemajuan zaman
dengan belajar dari
berbagai sumber. |
|
1.24 Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. |
24.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi. |
|
|
24.2 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri. |
|
Dapatkan Selengkapnya Disini
DAFTAR KONTEN
Workshop Pelatihan: 006
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
"Perkenalkan, blog saya adalah ruang untuk berbagi cerita, informasi, dan wawasan. Dengan tujuan menginspirasi dan memperkaya pengetahuan, blog ini hadir untuk menjalin koneksi, berbagi pengalaman, dan memberikan nilai tambah bagi setiap pembaca."
Komentar
Posting Komentar